Teknik Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop

Terdapat 2 tool didalam Adobe Photoshop yang bernama Dodge Tool dan Burn Tool , kedua teknik ini sangatlah berguna khususnya untuk kebutuh...

Terdapat 2 tool didalam Adobe Photoshop yang bernama Dodge Tool dan Burn Tool, kedua teknik ini sangatlah berguna khususnya untuk kebutuhan proses edit foto, retouch, ataupun lighting - Sesuai dengan namanya, Dodge Tool berfungsi untuk mencerahkan area pada suatu gambar, sedangkan Burn Tool berfungsi untuk menggelapkan area pada suatu gambar. Kedua tool ini berbasis kepada teknik darkroom tradisional untuk mengatur pencahayaan pada area yang spesifik dan cara menggunakannya pun sangatlah mudah juga praktis.


Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop - Hog Pictures
Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop - Hog Pictures


Cara Menggunakan Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop

Adobe Photoshop memanglah pengolah gambar yang sangat saya rekomendasikan untuk melakukan proses penyuntingan. Harus kalian ingat bahwa Dodge Tool dan Burn Tool diatur oleh opsi Brushes, dimana kalian dapat menentukan ukuran, bentuk, dan kekerasan (hardness) sesuai keinginan.

Baca juga: Membuat Efek Vignette di Photoshop


Pada bar opsi, pilihlah salah satu dari Range menu yang tersedia diantaranya Midtones, Shadows, dan Highlights. Jika kalian masih asing dengan ketika jenis Range tersebut, saya akan jelaskan secara singkat.

  • Midtones - Jika kalian memilih Midtones, maka saat kalian mengaktifkan Dodge Tool atau Burn Tool, hanyalah tingkat menengah (abu-abu) pada pencahayaan yang akan berubah.
  • Shadows - Meningkatkan atau mengatur area gelap
  • Highlights - Mengubah intensitas area cerah pada suatu gambar



Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop - Hog Pictures
Opsi bar - Dodge Tool dan Burn Tool di Photoshop

Kalian juga dapat mengatur exposure atau pencahayaan untuk menggunakan Dodge Tool atau Burn Tool. Aturlah sesuai keinginan, tetapi usahakan agar tingkat exposure tidak terlalu besar karena kekuatan Dodge Tool atau Burn Tool akan sangat sensitif untuk digunakan.

Dengan 2 tool ini, kalian dapat menonjolkan efek lighting meskipun tidak menggunakan alat-alat pengatur cahaya profesional. Tentunya dapat menghemat biaya produksi kalian dalam bidang fotografi. Untuk antisipasi, lakukanlah Duplicate Layer sebelum memulai penyuntingan agar sewaktu-waktu kita dapat menghapusnya tanpa harus menekan Undo, juga berfungsi untuk melihat sebelum dan sesudah ditambahkan penyuntingan dengan Dodge Tool maupun Burn Tool.

Baca juga: Membuat Tulisan Mengikuti Bentuk di Photoshop


Kalian harus tahu, lighting atau pencahayaan pada suatu gambar itu sangatlah penting. Selain memperlihatkan keseluruhan sisi, lighting juga dapat menonjolkan ekspresi dan konsep fotografi yang ditanamkan. Ya, Dodge Tool dan Burn Tool sangatlah berkaitan dengan fotografi. Fotografi selalu memperhatikan efek cahaya bahkan memainkan cahaya pada suatu foto sehingga dapat terlihat lebih menarik dan profesional. Tentunya hasil foto tidak selalu sempurna, terkadang kita membutuhkan beberapa penyuntingan tambahan untuk mendapatkan hasil foto yang lebih indah, yaitu dengan Dodge Tool dan Burn Tool.


Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop - Hog Pictures
Tool box - Dodge Tool dan Burn Tool di Photoshop

Apakah Dodge Tool dan Burn Tool dikhususkan untuk fotografer?

Tidak, semua editor yang menggunakan Adobe Photoshop dapat menggunakan tool tersebut untuk kebutuhan apapun. Misalnya menghitamkan bulu alis, rambut, atau mata. Dan juga memutihkan gigi, kulit, juga kuku. Fungsional sekali, bukan?

Mengenal Dodge Tool dan Burn Tool adalah langkah terbaik sebelum kita memegang atau menggunakan suatu kamera untuk kebutuhan fotografi, karena tool tersebut memberitahu secara tidak langsung mengenai penerapan intensitas cahaya yang pas agar foto tidak terlihat membosankan. Dengan itu tadi, Midtones, Shadows, dan Highlights.

Baca juga: Mempertajam Foto dengan High Pass di Photoshop


Apakah ada tool lain yang dapat mengatur pencahayaan?

Pastinya ada, tetapi membutuhkan pengenalan lebih mendalam dengan Adobe Photoshop. Karena sebenarnya dengan Brush Tool pun kita dapat mencerahkan atau menggelapkan suatu area pada gambar, tergantung keterbiasaan kita terhadap penyuntingan gambar. Tetapi saya sangat sarankan untuk menggunakan Dodge Tool dan Burn Tool.


Tips: Agar hasil sunting lebih maksimal, pastikan kalian sudah mengatur Curves (Ctrl+M) sebagai pengaturan cahaya dan kontras dasar. Saya selalu melakukannya sebelum memulai proses penyuntingan apapun, karena dasar cahaya dan kontras sangatlah penting untuk menentukan hasil akhir.


Baca juga: Dasar-Dasar Adobe Photoshop untuk Pemula
Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Photoshop - Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang Penggunaan Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop

COMMENTS

BLOGGER: 9
Loading...
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Teknik Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop
Teknik Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop
https://3.bp.blogspot.com/-XAXaaWSFc4g/WGArX0Xc4OI/AAAAAAAADJ4/qKdB068J6UAGtIjuXSCYQoEUBvXahg1YACLcB/s640/dodge-tool-burn-tool-technique-adobe-photoshop-min.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XAXaaWSFc4g/WGArX0Xc4OI/AAAAAAAADJ4/qKdB068J6UAGtIjuXSCYQoEUBvXahg1YACLcB/s72-c/dodge-tool-burn-tool-technique-adobe-photoshop-min.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2016/12/teknik-dodge-tool-burn-tool-photoshop.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2016/12/teknik-dodge-tool-burn-tool-photoshop.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy