6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop

Banyak pembuat meme comic lucu muncul untuk menghibur -- tetapi sebelum itu seorang pembuat harus mengetahui Cara Membuat Karakter Meme Send...

Banyak pembuat meme comic lucu muncul untuk menghibur -- tetapi sebelum itu seorang pembuat harus mengetahui Cara Membuat Karakter Meme Sendiri terlebih dahulu, terserah mau itu dibuat di PC dengan Photoshop atau di Android dengan aplikasi tertentu.

6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop

Meme Comic sudah menjadi media humor terbesar di internet, dengan tersedianya gambar-gambar yang menggelitik, Meme Comic sangatlah bagus untuk dibaca atau dilihat kapanpun waktunya. Tentu saja media ini memiliki banyak penggemar atau peminat dari berbagai kalangan. Karena kategori komedi yang dikemas menjadi komik pendek sangatlah sukses membuat banyak orang terhibur.


Mengapa harus membuat meme sendiri? Lebih baik dihibur saja, kan?

Siapa orang yang tidak mau dihibur? Pastinya, semua orang mau dihibur. Nah, dengan pendapat seperti itu yang harus kita pikirkan adalah, "Bagaimana jika tidak ada penghibur lagi melalui media seperti Meme Comic? Apakah akan ada yang terhibur?".

Jadi, alasannya mengapa kita harus bisa membuat meme sendiri yaitu agar dapat melestarikan pembuat atau penghibur, menambah generasi untuk mempertahankan eksisnya Meme Comic ini. Lagipula, menghibur orang lain itu salah satu bentuk ibadah lho. Kita juga dapat melihat seseorang terhibur dan tertawa setiap harinya.


Baca juga: Tutorial Lengkap Membuat Karakter Kartun Sendiri


Lalu, bagaimana cara membuatnya? Apakah sulit untuk dilakukan?


Tidak sulit, cara membuat meme sendiri hanya membutuhkan beberapa aspek yang tidak terlalu rumit -- saya akan berbagi mengenai pengalaman dan bagaimana cara saya untuk membuatnya. Yang harus kita perhatikan sebelumnya hanyalah niat ingin menghibur dan setidaknya memiliki sedikit rasa humor pada diri sendiri.


Cara Membuat Meme Sendiri


Pembuatan meme sendiri tidak harus memiliki kreatifitas yang tinggi, karena yang paling penting adalah tingkat humor nya. Masukanlah teks dengan gambar lucu, kocak, dan terkesan menggelitik untuk kita jadikan meme. Perpaduan antara teks dan gambar akan membuat pembaca lebih jelas menangkap kesan lucu yang ada didalamnya.


Teks dan Gambar untuk Meme


Pertama-tama, carilah gambar yang tepat untuk dijadikan bahan candaan. Selama ini, sudah banyak gambar-gambar yang sudah familiar digunakan untuk membuat meme. Seperti yang selalu dibuat oleh Meme Comic Indonesia, karakter-karakter dan gambar sangatlah tepat juga berkaitan dengan teks.


Karakter Meme yang cocok


Tidak sedikit karakter meme yang sering digabungkan dengan teks dan gambar pada setiap pembuatan Meme Comic, hal ini justru sudah menjadi ciri khas meme yang kental sampai dimana karakter itu muncul, pasti orang-orang sudah tahu bahwa inilah yang disebut Meme Comic.

Baca juga: Cara Membuat Flat Design dengan Adobe Photoshop


Lalu bagaimana Cara Membuat Karakter Meme?


Sekarang kita menuju materi inti dari artikel ini, setelah mengetahui dasar-dasar pembuatan meme sendiri -- Membuat karakter meme bisa saja dengan mengambil dari karakter yang sudah ada dan membuat ulang, atau benar-benar membuat karakter meme dari 0 (membuat sendiri).

Kita bisa saja gunakan PC atau komputer untuk hal ini dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop, sama seperti apa yang akan saya bagikan dibawah ini. Ingin tahu lebih lanjut? Ayo kita perhatikan langkah-langkahnya.



Cara Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop


Menurut saya, membuat karakter meme sendiri cocok dilakukan di PC dengan menggunakan Adobe Photoshop. Mengapa? Karena PC atau komputer memiliki kinerja yang lebih cepat dan pengoperasiannya pun terkesan sangat mudah.

Meskipun sangat tergantung pada spesifikasi komputer yang dipakai, tetapi tidak harus terlalu dipikirkan karena penggunaan Adobe Photoshop tidak memakan banyak proses yang membuat PC menjadi lambat.


Pastikan kita sudah membaca artikel mengenai Dasar-Dasar Adobe Photoshop untuk pemula sebelum memulai pembuatan karakter meme. Disana terdapat penjelasan tentang bagaimana cara memulai menggunakan Adobe Photoshop, dan itu sangat penting untuk diketahui tidak hanya dalam pembuatan meme ini saja, melainkan untuk kebutuhan penting lainnya yang diharuskan untuk mengetahui cara menggunakan Adobe Photoshop.



Membuat Karakter Meme sendiri dari nol


1. Didalam Adobe Photoshop, buatlah dokumen baru atau tekan Ctrl+N pada keyboard. Pilih ukuran dokumen lalu tekan Enter. Usahakan agar ukurannya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, rata-rata buatlah dokumen dengan ukuran 500x500 pixels atau maksimalnya 1000x1000 pixels.
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

2. Aktifkan Brush Tool atau Pencil Tool, lihat di toolbar untuk mengaktifkannya. Dengan tool ini, kita dapat membuat coretan gambar dengan bebas pada dokumen Photoshop. Terserah itu mau digambar seperti apa dan bagaimana.
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

Baca juga: Teknik Dodge Tool dan Burn Tool di Adobe Photoshop


3. Sebelum memulai, atur Brush atau Pencil dengan menekan mouse kanan. Tentukan ukuran Brush nya, usahakan agar tidak terlalu tebal, pilih tipis saja.
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

4. Buatlah layer baru dengan menekan Ctrl+Shift+N pada keyboard untuk cara cepatnya.
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

5. Siapkan rasa humor kalian dan mulailah menggambar secara acak, misalkan kita gambar wajah dengan ekspresi yang lucu. Lakukan dengan menekan mouse kiri dan arahkan sesuai pola yang akan dibuat.

6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

6. Jika sudah selesai, perbaiki gambar yang melenceng. Tidak usah ada penambahan efek, justru dengan gambar yang apa adanya dapat membuat meme terlihat lebih natural dan lucu. Untuk proses penyimpanan gambar menjadi .jpg, .jpeg, .png dan sebagainya, saya akan jelaskan di poin akhir dalam langkah selanjutnya.



Membuat Karakter Meme dari suatu Foto


1. Siapkan foto dengan wajah, aksi, dan ekspresi yang lucu untuk kita buatkan menjadi karakter meme.

2. Masukan kedalam Photoshop dengan menekan Ctrl+O pada keyboard. Pilih gambarnya lalu tekan Enter.


3. Atur pencahayaan dan kontras untuk foto tersebut dengan menggunakan Curves atau tekan Ctrl+M pada keyboard. Sesuaikan dengan foto sampai akhirnya pas. Tarik bagian tengah garis ke kiri untuk menambah kecerahan, atau tarik bagian bawah garis ke kanan untuk menambahkan kontras.

6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

3. Setelah terbuka didalam Photoshop, perhatikan pada menu bar lalu pilih Image >> Adjustments >> Threshold..
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop - Hog Pictures Tutorial

Baca juga: Cara Membuat Foto Hitam Putih dengan Threshold di Photoshop


4. Threshold ini berfungsi untuk membuat gambar menjadi hitam putih seperti meme yang biasanya muncul. Dengan itu, foto akan menjadi seperti kartun dengan garis outline yang rapi.

5. Simpan gambar tersebut menjadi file tertentu dengan menekan Ctrl+Shift+S pada keyboard untuk melakukan Save As.. Tentukan format file, lalu tekan Enter.




Mengapa tidak membuatnya dengan Android? Bukankah lebih praktis?


Berhubung Hog Pictures adalah blog yang membicarakan seputar multimedia dan komputer, jadi kita cenderung lebih fokus ke pembuatan berbagai media yang prosesnya dilakukan dengan komputer.

Selebihnya, setiap gadget yang kita gunakan (misal: laptop atau smartphone) itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut saya itu relatif, ada yang lebih suka menggunakan smartphone karena kepraktisannya dan yang lebih suka menggunakan komputer karena kecepatannya. Semua itu tergantung pengguna.



Apakah pembuatan di PC bisa lebih praktis daripada smartphone?


Bisa, tentunya dengan kecepatan pembuatan meme atau prosesnya. Dengan menggunakan PC, kita bisa melebihi kecepatan yang mampu diraih smartphone. Adobe Photoshop yang ringan dengan PC standar pun itu dapat sangat membantu. Saya sangat sarankan agar kita membuatnya di PC, saya yakin fitur dan tools nya lebih lengkap -- tidak lupa juga mengenai pemrograman yang lebih luas.


Kesimpulan mengenai Pembuatan Karakter Meme Sendiri


Prosesnya tidaklah sulit ya untuk membuat karakter meme sendiri. Dengan ini, mudah-mudahan kita bisa tetap melestarikan candaan khas dari suatu meme agar media humor meme bisa tetap eksis untuk menghibur semua kalangan.

6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop

Jadi, banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan dengan membuat meme -- diantaranya:


  • Kita jadi lebih tahu mengenai Adobe Photoshop (untuk yang baru mengenal)
  • Mengasah rasa humor dan mengapresiasikan ide lucu yang kita miliki
  • Menghibur orang lain
  • Menjadi kreator meme yang profesional
  • Melestarikan meme sebagai generasi penerus
  • dan selebihnya kalian selidiki sendiri


Baca juga: Tingkatkan Kinerja Komputer dengan Disk Defragmenter


Mungkin cukup untuk artikel kali ini mengenai Cara Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop, saya sangat tidak sabar menunggu cerita kalian saat membuatnya -- jadi, silahkan bercerita di kolom komentar yang sudah saya sediakan. Jangan lupa beritahu saya mengenai permasalahan yang didapat, saya usahakan dapat membantu kalian.


Hey, jika kalian suka dan merasa terbantu oleh artikel ini -- maka beritahu teman kalian dan ayo perbanyak pembuat meme, mari kita lestarikan canda tawa untuk tetap menghibur banyak orang. Cukup dengan Share ke social media dan ajak mereka mengetahui pembuatan karakter meme sendiri.


Ingin tahu lebih lanjut dan lebih jelas mengenai tutorial pembuatan meme? Ayo simak video tutorial yang sudah saya buat dibawah ini. Terdapat penjelasan yang lebih spesifik dan detail yang mudah-mudahan bisa menambah penerangan.



Video Tutorial: Cara Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop


COMMENTS

BLOGGER
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: 6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop
6 Langkah Mudah Membuat Karakter Meme Sendiri di PC dengan Photoshop
https://3.bp.blogspot.com/-7NEc_jEeNaM/WJN0i0YMjQI/AAAAAAAADUA/65JF3npr7TkLKakOdlNHM93y-qXvRVaPwCLcB/s400/cara-membuat-karakter-meme-sendiri-di-pc-dengan-photoshop-hog-pictures-min.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-7NEc_jEeNaM/WJN0i0YMjQI/AAAAAAAADUA/65JF3npr7TkLKakOdlNHM93y-qXvRVaPwCLcB/s72-c/cara-membuat-karakter-meme-sendiri-di-pc-dengan-photoshop-hog-pictures-min.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/02/cara-membuat-karakter-meme-sendiri-pc-photoshop.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/02/cara-membuat-karakter-meme-sendiri-pc-photoshop.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy