Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash

Kembali berbagi bersama kawan semua dalam pembahasan Bagaimana Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash -- secara definisi, sound pada button di Adobe Flash sangatlah penting untuk diperhatikan..

Halo kawan, setelah lama tidak menerbitkan kiriman, baru kali ini terdapat waktu luang untuk menulis dan kembali berbagi bersama kawan semua dalam pembahasan Bagaimana Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash -- secara pasti, sound pada button di Adobe Flash sangatlah penting untuk diperhatikan karena sound atau suara dapat memberikan efek interaktif terhadap button atau tombol yang ditekan.

Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash - Hog Pictures
Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash - Hog Pictures
Lebih baik lagi, Adobe Flash menyediakan fitur dan opsi yang lengkap terhadap penggunaan button atau tombol. Selebihnya dalam pengaturan ukuran, bentuk, warna, teks, sampai suara pun dapan kita ubah setiap frame nya. Adobe Flash pun memberikan 4 frame khusus pada setiap button, 4 frame tersebut antara lain bernama Up, Over, Down, dan Hit (semuanya dapat kita atur dengan menekan klik sebanyak 2x atau double click pada button yang dipilih.)

Langsung saja kita membahas secara lebih dalam lagi.

Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash

1. Tentu saja, buka Adobe Flash lalu pada opsi Create New, pilih salah satu dokumen flash yang akan dibuat. Bisa pilih ActionScript 3.0 ataupun ActionScript 2.0 -- yang membedakan hanyalah jenis penulisan script nya saja. Karena dalam tutorial sound pada button kali ini, hal tersebut tidak terlalu penting.

2. Setelah terbukanya dokumen flash baru, ubah nama Layer 1 menjadi Button atau apapun yang sekiranya dapat mewakili tombol yang akan dibuat. Jika ingin menambahkan background (latar belakang), ubah nama Layer 1 menjadi Background, lalu buat layer baru bernama Button.

Baca juga: Apa itu Keyframe pada Adobe Flash, After Effects dan Premiere Pro


3. Tentukan bentuk tombol yang diinginkan.



Jenis-jenis tool yang dapat digunakan untuk membuat tombol

Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash - Hog Pictures

  • Rectangle Tool (R) untuk menambahkan tombol berbentuk persegi
  • Oval Tool (O) untuk menambahkan tombol berbentuk oval
  • Polystar Tool untuk menambahkan tombol berbentuk polystar

(Tool diatas sangat direkomendasikan daripada menggunakan tool lain.)

Atau bisa juga mengimpor gambar tombol yang sudah dibuat di Adobe Photoshop, dsb untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Tergantung keinginan.

4. Jika sudah, atur posisi dan ukurannya terlebih dahulu. Maka dengan leluasa kita bisa mengubahnya menjadi simbol atau lebih tepatnya, tombol. Dengan menuju menu bar Modify >> Convert to Symbol.. (F8)



Beri nama Symbol nya, ubah Type menjadi Button, lalu tekan Enter atau klik OK.

5. Button sudah selesai dibuat, tetapi suara pada button belum dimasukkan. Untuk itu, kita dapat menekan klik kiri 2x atau double click pada button tersebut. Disana kita akan melihat 4 frame bernama Up, Over, Down, dan Hit.


Baca juga: Belajar Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Flash


Klik kiri pada frame Up, lalu tekan F6 selama 3x untuk membuat keyframe pada frame lainnya.

Pembahasan frame pada Button

  • Up, belum ada interaksi apapun
  • Over, ketika mouse menyorot kearah button (sebelum di klik)
  • Down, ketika mouse menekan klik kiri
  • Hit, area sorot yang dapat dijangkau mouse atau pointer terhadap button (tidak diharuskan mengisi sound disini.)

6. Biasanya tombol diisi suara hanya pada frame Over dan Down saja. Untuk mulai menambahkan suara yang diinginkan, kita dapat mengimpor suara terlebih dahulu.

7. Setelah itu, coba klik kiri pada frame Over ataupun Down. Lalu perhatikan bar Properties, disana terdapat opsi yang bernama Sound. Jika file audio sudah kita impor, maka ketika kita memilih suara dengan menentukan Name, disana akan terlihat daftar suara yang sudah kita impor sebelumnya (tepatnya berada di bar Library). Secara praktis kita bisa pilih audio mana yang akan ditentukan menjadi suara button yang sudah dibuat.


Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash - Hog Pictures

8. Tes dokumen flash dengan menekan Ctrl + Enter dan lihat apakah button sudah terdapat suara ketika berinteraksi dengan mouse atau pointer. Dan pastinya langkah diatas akan berhasil.

Baca juga: Cara Membuat Animasi Sepeda dengan Roda Berputar


Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan dalam pembahasan tentang Bagaimana Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash, selebihnya bilamana ada penyampaian yang kurang jelas ataupun sulit dimengerti, bisa kalian curahkan di kolom komentar dan jangan segan-segan untuk bertanya. Baiklah kalau begitu, tunggu tutorial lainnya mengenai Adobe Flash ataupun pembahasan belajar multimedia untuk pemula. Salam sejahtera.



Video Tutorial: Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash


COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash
Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash
Kembali berbagi bersama kawan semua dalam pembahasan Bagaimana Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash -- secara definisi, sound pada button di Adobe Flash sangatlah penting untuk diperhatikan..
https://2.bp.blogspot.com/-RMR_HEQgp7k/WYH54_F48BI/AAAAAAAADmw/9iITF_M5EzwVlJZGf6QVe0pXmbgE0gSRwCLcBGAs/s400/cara-menambahkan-sound-suara-pada-button-adobe-flash00.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-RMR_HEQgp7k/WYH54_F48BI/AAAAAAAADmw/9iITF_M5EzwVlJZGf6QVe0pXmbgE0gSRwCLcBGAs/s72-c/cara-menambahkan-sound-suara-pada-button-adobe-flash00.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/08/cara-menambahkan-sound-pada-button-flash.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/08/cara-menambahkan-sound-pada-button-flash.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy