Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi

Tidak sedikit pengguna PC atau Laptop dengan OS Windows 7 mencari cara untuk mengatasi CPU usage yang mencapai 100 % saat bermain game atau...

Tidak sedikit pengguna PC atau Laptop dengan OS Windows 7 mencari cara untuk mengatasi CPU usage yang mencapai 100 % saat bermain game ataupun membuka aplikasi, sebenarnya titik permasalahan tidaklah sulit untuk dicari dan diatasi. Simak penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini.


Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi - Hog Pictures Tutorial
Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi - Hog Pictures Tutorial

Selain mengatasi CPU usage, sekarang pun kita akan mencari tahu apa penyebabnya -- secara logika, tidak mungkin CPU usage kita meningkat tanpa adanya proses yang dijalankan. Ada beberapa kemungkinan juga mengapa CPU usage bertambah.


Cara Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya, mari kita ketahui dulu apa itu CPU usage yang dimaksud. CPU usage adalah jumlah total penggunaan CPU pada komputer yang terdiri dari proses dan layanan baik itu berasal dari sistem komputer ataupun dari aplikasi termasuk game. Sedangkan CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit.


Penyebab CPU Usage mencapai 100%

CPU usage selalu berubah setiap saat, karena komputer terus aktif menjalankan sistem default dan sistem tambahan secara bersamaan. Jika persentase hanya mencapai 5% sampai 30% mungkin itu sudah biasa, tetapi jika mencapai 95% sampai 100% itu harus segera ditindaklanjuti.

Baca juga: Tingkatkan Kinerja Komputer dengan Disk Defragmenter


Apa saja penyebabnya? Bisa saja terjadi karena:


  1. Proses sistem atau layanan tambahan yang berjalan secara otomatis
  2. Proses yang aktif saat komputer pertama kali dijalankan (Start Up)
  3. Layanan dari deskripsi penerbit yang tidak jelas dan tidak wajib dijalankan (non-default)
  4. Proses atau layanan yang menempel pada suatu aplikasi sehingga akan otomatis ikut berjalan saat aplikasi dijalankan
  5. Akibat dari svchost.exe atau rundll.exe



Cara Cepat Mengatasi CPU Usage yang Mencapai 100%

Hal ini seringkali terjadi ketika saya mencoba membuka suatu aplikasi atau game, yang mengakibatkan aplikasi yang saya jalankan tidak berjalan dengan lancar (lagging) dan terlihat sepertinya Laptop atau PC saya tidak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi tersebut. Tetapi saat saya coba menggunakan aplikasi lainnya, ternyata sama saja, performa nya kurang baik.

Ternyata tidak begitu sulit..

Untuk mengatasinya, coba kalian buka Task Manager dengan menekan klik kanan pada Task Bar atau menekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard lalu pilih Start Task Manager.


Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi - Hog Pictures Tutorial

Setelah terbuka, kalian pasti akan melihat CPU usage yang memuncak tinggi mencapai 100 (tepatnya di menu Performance). Jangan heran dulu.

Dimohon agar tetap menjalankan aplikasi yang terbawa berat tersebut. Pada menu Performance, klik Resource Monitor.

Artikel lainnya: Cara Membuat Hosted Network atau WiFi sendiri dengan CMD


Disana kalian dapat melihat proses dengan meneliti proses apa yang sebenarnya memakan CPU usage sampai 100 atau terbilang tinggi.

Untuk mendeteksi proses yang memakan CPU usage tertinggi, bisa kalian klik 'Average' diujung kolom kanan. Secara langsung Resource Monitor pada Windows akan memperlihatkannya secara detail dengan deskripsi lengkap lainnya.

Disini saya menemukan rundll32.exe yang sebenarnya memakan CPU usage dengan Average mencapai 56.25 dan CPU mencapai 58, sedangkan proses lain hanya mencapai maksimalnya 10 CPU dengan Average sekitar 8.84


Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi - Hog Pictures Tutorial


Bisa langsung kalian tekan klik kanan pada proses boros CPU tersebut, lalu pilih End Process Tree agar proses yang terkait dengan rundll32.exe akan terhentikan.

Jangan lupa, tetap buka aplikasi atau game yang sedang dijalankan.

Sekarang kalian bisa menutup jendela Resource Monitor, lalu lihat di menu Performance.

Baca juga: Cara Mengganti Logon Background Windows 7


Kalian bisa lihat perbedaan sebelum dan sesudah menghentikan proses yang memakan banyak penggunaan CPU. Sebelum teratasi, CPU melonjak hingga 97%, dan setelah teratasi bisa turun hingga 1%.


Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi - Hog Pictures Tutorial


Biasanya kendala dan CPU Usage 100 saat bermain game atau membuka aplikasi sering terjadi pada Windows dengan System type 32 bit atau kapasitas CPU yang rendah, dibawah 1.80GHz misalnya.



Bagaimana jika CPU usage kembali naik?

Biasanya hal tersebut terjadi ketika kita menjalankan aplikasi atau game lain selain yang sudah dihentikan proses sistemnya (rundll32.exe). Atau bisa juga karena pengguna komputer belum melakukan restart sesaat setelah CPU usage berhasil turun.


Apa Ciri-Ciri CPU usage meningkat?


  1. Fan atau kipas komputer dan laptop akan berputar lebih cepat secara otomatis mendinginkan CPU yang sedang bekerja ekstra.
  2. Performa melambat, lagging atau patah-patah.
  3. Proses default seperti terganggu.


Artikel lainnya: Pengertian Video Definisi Tinggi


Jadi, bilamana kalian sudah merasakan dan melihat ciri-ciri meningkatnya CPU usage, segeralah cek Task Manager dan lihat performa nya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan Services juga Processes yang sedang dijalankan.

Hentikan proses yang tidak terlalu penting, hati-hati, jangan sampai proses sistem default terhapus yang mengakibatkan gangguan pada komputer saat digunakan.

Rekomendasi: Cara Menghapus Dial-Up and VPN pada Windows 7


Sederhana bukan? Cobalah terapkan langkah-langkah diatas pada komputer atau laptop kalian bilamana CPU usage terasa meningkat.


Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi dan bilamana kalian ingin menanyakan sesuatu mengenai hal ini silahkan tulis di kolom komentar -- Jangan lupa SHARE ke media sosial mu dan beritahu teman kalian bahwa Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 sangatlah mudah.

COMMENTS

BLOGGER
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi
Mengatasi CPU Usage 100 pada Windows 7 Saat Bermain Game atau Membuka Aplikasi
https://1.bp.blogspot.com/-GCwsg5bqucQ/WgA-eicP-AI/AAAAAAAADzc/_seUdhN5pSIw3L7Xb-aDjOX6zIW3kYzAgCLcBGAs/s1600/0-mengatasi-CPU-usage-100-pada-windows-7-saat-bermain-game-atau-membuka-aplikasi.txt.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GCwsg5bqucQ/WgA-eicP-AI/AAAAAAAADzc/_seUdhN5pSIw3L7Xb-aDjOX6zIW3kYzAgCLcBGAs/s72-c/0-mengatasi-CPU-usage-100-pada-windows-7-saat-bermain-game-atau-membuka-aplikasi.txt.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/11/cara-mengatasi-cpu-usage-100-windows-7.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/11/cara-mengatasi-cpu-usage-100-windows-7.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy