Tutorial Lengkap Membuat Karakter Kartun Sendiri

Khusus untuk kali ini, saya akan berbagi mengenai cara membuat karakter kartun sendiri - dan langkah dasarnya adalah penjelasan cara menged...

Khusus untuk kali ini, saya akan berbagi mengenai cara membuat karakter kartun sendiri - dan langkah dasarnya adalah penjelasan cara mengedit hasil scan di Adobe Photoshop, karena untuk mengubah dari gambar tangan ke digital atau komputer sangat direkomendasikan menggunakan scanner agar mempermudah proses pembuatan karakter kartun itu sendiri. Disini kalian akan membaca artikel berisi tutorial lengkap beserta gambarnya.


Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri - Hog Pictures
Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri - Hog Pictures

Selain membuat karakter kartun sendiri, kalian juga dapat mempelajari langkah demi langkah untuk mengawali pembuatan kartun animasi, karena pembuatan karakter kartun merupakan langkah awal sebelum memproduksi kartun animasi sehingga dapat bergerak. Langkah-langkah pembuatan karakter kartun dapat mewakili pembuatan kartun lainnya seperti pembuatan background, benda, atau objek yang dibutuhkan saat pembuatan animasi - semuanya dapat dibuat dengan langkah-langkah membuat karakter kartun yang akan saya jelaskan sekarang.




Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri

Untuk membuat karakter kartun sendiri, ada 3 langkah yang harus dilakukan, diantaranya persiapan, produksi, dan penyelesaian atau proses akhir. Pada setiap langkah, terdapat beberapa faktor penting yang dapat membuat semua proses menjadi lebih cepat dan mendapatkan hasil sesuai keinginan. Mari kita perhatikan langkah-langkahnya.

Dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai Adobe Photoshop, baca selengkapnya:

Dasar-Dasar Adobe Photoshop untuk Pemula


Persiapan sebelum membuat karakter

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 1 - Hog Pictures
Persiapan Membuat Karakter Kartun Sendiri
Disini kita akan memulai proses dengan teknik klasik, mengubah gambar analog atau gambar tangan menjadi digital. Jadi, persiapkanlah alat-alat untuk menggambar terlebih dahulu, seperti diantaranya:


  • Pensil atau pulpen
  • Penghapus
  • Penggaris
  • Kertas
  • (gunakan alat lainnya bilamana perlu)


Tetapi disini saya hanya menggunakan kertas dan pulpen, itu tergantung kebutuhan. Pertama-tama kita harus membuat sketsa gambar sampai akhirnya terbentuk suatu gambar karakter, pikirkan tentang bagaimana perilaku, ciri khas, dan watak karakter lalu sesuaikan dengan rupa, tubuh, wajah, dan pakaian karakter yang akan digambar.





Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 2 - Hog Pictures
Menggambar Karakter diatas Kertas
Gambarlah karakter diatas kertas putih, buatlah dengan teknik outline (tanpa warna) hanya garis hitam yang mengikuti sketsa gambar. Setelah itu, mulailah scan atau cukup dengan memotret hasil gambar yang sudah dibuat. Jika tidak ada scanner, itu tidak masalah, karena yang menentukan kualitas hasil pembuatan karakter adalah proses penyelesaian akhir. Harus diperhatikan, gambar yang dipotret atau difoto harus memiliki pencahayaan yang cukup dengan gambar yang setidaknya jelas untuk dilihat. Lalu foto gambar karakter dengan lurus, jangan dari samping, harus dari depan.  Jangan lupa, salin atau impor foto (gambar karakter) kedalam komputer.

Baca juga: Cara Scan Foto di Photoshop dengan Cepat dan Mudah


Produksi atau digitalisasi gambar karakter

Nyalakan komputer kalian dan pastikan foto (gambar karakter) sudah tersalin. Pada proses ini, saya menyarankan kalian untuk menggunakan Adobe Photoshop (versi apa saja), disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Buka gambar karakter dan impor kedalam Adobe Photoshop, buatlah layer baru lalu beri nama "Outline".
Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 3 - Hog Pictures

Aktifkan Pen Tool (P), sorot layer Outline. Buatlah pola sesuai dengan sketsa yang sudah dibuat. Jika sudah, tekan mouse kanan lalu pilih Stroke Path untuk membuat garis dan Fill Path untuk mewarnai gambar tanpa garis (jika memilih Stroke Path, proses pewarnaan akan dilakukan dalam langkah selanjutnya.)

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 4 - Hog Pictures

Sampai disini, sketsa sudah terbuat menjadi digital. Usahakan semua sketsa tergambar ulang, bisa juga kalian gunakan Brush Tool (B) untuk menggambar dengan bebas (caranya, tekan mouse kiri lalu drag sesuai pola gambar)

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 5 - Hog Pictures

Lanjut ke langkah selanjutnya, mewarnai gambar. Buatlah layer baru dan simpan dibawah layer Outline.


Jika Pen Tool kalian bermasalah saat mencentang Simulate Pressure, silahkan baca artikel: Memperbaiki Pen Tool - Simulate Pressure di Photoshop


Aktifkan Brush Tool (B), pilihlah warna dengan color picker. Usahakan kalian memiliki color palette khusus untuk warna kulit, soft (halus), flat (datar), bright (cerah), dan dark (gelap). Kalian bisa mendapatkannya dengan browsing di internet. Contohnya seperti ini:

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 6 - Hog Pictures

Gambarlah setiap bagian dengan Brush Tool (B) sesuai warna yang sudah disediakan. Mengapa harus dengan color palette? Karena color palette memiliki komposisi warna yang pas dan cocok untuk digunakan sebagai warna dasar pada setiap gambar. Kita tidak harus melakukan setting ulang, menghafal hex color, ataupun mencari warna secara manual (itu sangatlah tidak direkomendasikan). Perhatikan saat mewarnai gambar, jangan sampai melewati garis Outline.

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 7 - Hog Pictures



Tips mewarnai gambar:

Untuk mempercepat proses pembuatan, gunakanlah Magic Wand Tool (W). Tekan atau seleksi pada bagian yang akan kita isi warna, lalu mulailah isi warna dengan Brush Tool (B) atau dapat juga kita warnai secara otomatis menyeluruh dengan menekan Ctrl+Del atau Alt+Del pada keyboard, tetapi sebelum itu kalian harus menentukan Foreground Color dan Background Color sesuai dengan warna yang diinginkan. Caranya, aktifkan Color Picker lalu tekan mouse kiri pada warna dari Color Palette. Bisa juga dengan mengaktifkan Brush Tool, lalu tekan Alt pada keyboard dan tekan mouse kiri pada salah satu warna.



Penyelesaian akhir pembuatan karakter kartun sendiri

Proses akhir ini menentukan kualitas hasil dari karakter kartun yang kita buat sendiri. Sebelum menerbitkan karakter kartun, alangkah baiknya jika kita dapat menambahkan sedikit efek finishing untuk memperindah hasil akhir. Dimulai dengan penambahan efek cahaya dan bayangan (highlight and shadow) dengan mengaktifkan Dodge Tool dan Burn Tool. Dodge Tool berfungsi untuk meningkatkan intensitas cahaya atau menerangkan gambar tertentu dan Burn Tool untuk menghitamkan atau menggelapkan suatu gambar seolah-olah terbakar. Tentukan sisi terang dan gelap lalu terapkan Dodge Tool dan Burn Tool dengan cara yang sama seperti penggunaan Brush Tool tadi.

Baca juga: Teknik Dodge Tool dan Burn Tool di Photoshop



Tips menambahkan efek shadow:

Adapun tips agar mempersingkat waktu pembuatan dalam penambahan efek shadow. Efek shadow dapat kita buat dengan mudah menggunakan Brush Tool, tetapi opsi brush dan layer harus sedikit diubah. Yaitu dengan mengatur opacity dan brush preset nya.


Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 8 - Hog Pictures

Sebelumnya, pastikan kalian sudah membuat layer baru bernama 'Shadow' atau apalah itu, lalu aktifkan Brush Tool dan tekan mouse kanan. Atur lagi brush nya dengan diameter atau ukuran yang sesuai, tentukan hardness menjadi 100. Dan yang paling penting adalah perubahan opacity pada layer, ubah opacity nya menjadi 25% untuk menimbulkan efek bayangan dengan kegelapan yang pas. Setelah itu kalian dapat mengaturnya sesuai keinginan.



Jika perlu, tambahkan background yang dapat membuat karakter menjadi lebih menarik. Pastinya banyak diantara kalian belum mempersiapkan background untuk karakter yang sudah kalian buat, kan? Maka dari itu, buatlah background polos atau dengan tambahan efek gradien yang halus. Gunakan color palette sebagai patokan warna.

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 9 - Hog Pictures


Boom! Karakter kartun digital hasil kalian sudah selesai dibuat. Tapi tunggu dulu, masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Hal terpenting pada proses akhir adalah penerbitan atau penyimpanan gambar menjadi format file tertentu. Kalian pasti ingin karakter kartun kalian bisa dibuka di komputer ataupun diunggah ke internet, ya kan? Maka lakukanlah proses penerbitan.


Baca juga: Membuat Film Animasi 2D dengan Low Budget


Sebelum itu, simpan dulu dokumen Adobe Photoshop yang sudah dibuat dengan menekan Ctrl+S pada keyboard. Tentukan nama file lalu tekan Enter. Lalu simpan kedalam format file lainnya seperti .jpg atau .png dengan menekan Ctrl+Shift+S pada keyboard lalu tentukan format. Untuk membuat .png dengan background transparan, hapus background pada Photoshop terlebih dahulu, dan simpan dengan format .png

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri 10 - Hog Pictures


Sekarang, coba kalian cek file gambar yang sudah kalian simpan. Saya yakin pasti hasilnya pada bagus-bagus. Dan untuk yang masih belum merasa puas dengan hasil yang sudah dibuat, jangan berkecil hati. Karena dengan ini pun, kalian sudah mewakili kreatifitas kalian dengan keinginan untuk membuat karakter kartun sendiri. Itu sudah lebih dari bagus!


Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya, ceritakan pengalamanmu saat membuat karakter kartun sendiri, atau ceritakan mengenai karakter kartun apa yang kalian buat. Saya ingin tahu namanya siapa dan sikapnya seperti apa. Mari berbagi.


Jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan share dengan menekan tombol share social media dibawah, atau salin url yang sudah disediakan. Terima kasih telah berkunjung.


Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan tonton video tutorial dibawah ini:

Cara Membuat Karakter Kartun Sendiri (Video Tutorial)

COMMENTS

BLOGGER: 18
Loading...
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Tutorial Lengkap Membuat Karakter Kartun Sendiri
Tutorial Lengkap Membuat Karakter Kartun Sendiri
https://2.bp.blogspot.com/-BEtfbtWhuG8/WGvYxLXj0sI/AAAAAAAADLE/4JcaCjfOFnQvxOaEIQXhdZGrhowBacDMwCLcB/s640/cara-membuat-karakter-kartun-sendiri-tutorial-hog-pictures.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-BEtfbtWhuG8/WGvYxLXj0sI/AAAAAAAADLE/4JcaCjfOFnQvxOaEIQXhdZGrhowBacDMwCLcB/s72-c/cara-membuat-karakter-kartun-sendiri-tutorial-hog-pictures.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/01/cara-membuat-karakter-kartun-sendiri.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/01/cara-membuat-karakter-kartun-sendiri.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy