Banyak pembuat film khususnya animasi pemula yang belum mengetahui apa saja teknik pengambilan gambar dari sudut kamera atau biasa disebut...
Banyak pembuat film khususnya animasi pemula yang belum mengetahui apa saja teknik pengambilan gambar dari sudut kamera atau biasa disebut camera angles, untuk itu Hog Pictures akan memberikan penjelasan singkat tentang Sudut Pengambilan Gambar pada Pembuatan Film Animasi 2D untuk Pemula. Kalian harus tahu, bahwa animasi 2D pun memiliki dasar-dasar sinematografi yang harus diketahui sebelum mulai melakukan produksi. Untuk kali ini, kita hanya akan membahas tentang sudut pengambilan gambar atau Camera Angles saja.
If you don't understand, you can read this article in English Language:
Camera Angles in Filmmaking | Cinematography for 2D Animation
Sudut kamera adalah cara untuk memposisikan kamera dalam kaitannya dengan karakter. Menurut kami, sudut kamera dapat menjelaskan atau menghantarkan suatu ekspresi dan kepribadian suatu karakter secara lebih jelas dan mampu membuat penonton melihat bahkan merasakan apa yang dirasakan oleh karakter tersebut.
Ada 3 sudut dasar, diantaranya: Low Angle, High Angle dan Straight Angle.
Kita menggunakan sudut rendah untuk menyarankan kekuasaan atau superioritas. Hal ini dapat membantu untuk menunjukkan bahwa karakter kita siap untuk menghadapi situasi saat ini atau dilema. Lebih tepatnya, ketika karakter kita berada dalam kontrol, berani atau tidak merasa takut.
Untuk menunjukkan inferioritas atau rasa rendah diri. Sebagai contoh, jika karakter sedang berada di tebing, pengambilan sudut ini bisa membantu kita melihat apa yang dilihat oleh karakter kita. Menunjukkan bahwa ia berada dalam kendali. Tetapi kembali ke tujuan awal, yaitu untuk menunjukkan inferioritas suatu karakter.
Netral. Jika kita menggunakan sudut lurus di beberapa karakter, pada dasarnya menjelaskan bahwa mereka semua memiliki status yang sama. Biasanya sudut kamera ini digunakan ketika terjadinya suatu percakapan antar karakter, berbicara empat mata.
Dan untuk sudut pengambilan gambar khusus yaitu Horizontal Views atau pengambilan gambar secara horizontal.
Jika kita menempatkan 2 karakter, satu berada di depan yang lain, dan keduanya diambil dari side view, maka kita menciptakan ketegangan atau membangun hubungan langsung antara keduanya (tapi tidak hubungan dengan penonton).
2. Dan side view bisa membantu penonton memperhatikan karakter, digunakan ketika karakter yang saling berhadapan, atau ketika kita tidak ingin audiens terlalu terikat (membuat mereka merasa bahwa karakter berbicara dengan orang lain selain mereka).
Watch our videos. Click here!
More complete tutorials. Click here!
Video Tutorials on YouTube
Support us on facebook :
http://www.facebook.com/hogpictures
Follow our twitter :
@hogpictures
Terima kasih sudah membaca, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Pembuatan Animasi 2D. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tutorial tentang Sudut Pengambilan Gambar pada Pembuatan Film Animasi 2D untuk Pemula
If you don't understand, you can read this article in English Language:
Camera Angles in Filmmaking | Cinematography for 2D Animation
Sudut kamera adalah cara untuk memposisikan kamera dalam kaitannya dengan karakter. Menurut kami, sudut kamera dapat menjelaskan atau menghantarkan suatu ekspresi dan kepribadian suatu karakter secara lebih jelas dan mampu membuat penonton melihat bahkan merasakan apa yang dirasakan oleh karakter tersebut.
Ada 3 sudut dasar, diantaranya: Low Angle, High Angle dan Straight Angle.
Low Angle
Low Angle - Sudut Pengambilan Gambar pada Pembuatan Film Animasi 2D |
High Angle
High Angle - Sudut Pengambilan Gambar pada Pembuatan Film Animasi 2D |
Straight Angle
Straight Angle - Sudut Pengambilan Gambar pada Pembuatan Film Animasi 2D |
Dan untuk sudut pengambilan gambar khusus yaitu Horizontal Views atau pengambilan gambar secara horizontal.
Horizontal Views
Ada sedikit aturan dalam bahasa sinematografi yaitu, semakin kita jauh dari pandangan pusat karakter, semakin kurang juga untuk membuat penonton dapat merasakan kesan didalam film tersebut. Dengan kata lain, pandangan frontal penuh karakter itu terlihat sangat pribadi dan terlihat seolah-olah karakter berbicara dengan penonton. Kita dapat menggunakan teknik ini ketika karakter berbagi perasaan penting dan full side view dapat membuat penonton memperhatikan karakter. Tetapi membuat penonton merasa bahwa karakter tidak berbicara dengan kita, melainkan berbicara dengan orang lain.Jika kita menempatkan 2 karakter, satu berada di depan yang lain, dan keduanya diambil dari side view, maka kita menciptakan ketegangan atau membangun hubungan langsung antara keduanya (tapi tidak hubungan dengan penonton).
Jadi, dalam hal sederhana:
1. Semakin dekat kita memiliki pandangan frontal berarti kita ingin penonton lebih peduli pada karakter itu, (membuat mereka merasa bahwa karakter berbicara kepada mereka), dan membantu ketika karakter berbagi perasaan atau mengatakan sesuatu yang penting.2. Dan side view bisa membantu penonton memperhatikan karakter, digunakan ketika karakter yang saling berhadapan, atau ketika kita tidak ingin audiens terlalu terikat (membuat mereka merasa bahwa karakter berbicara dengan orang lain selain mereka).
Watch our videos. Click here!
More complete tutorials. Click here!
Video Tutorials on YouTube
Support us on facebook :
http://www.facebook.com/hogpictures
Follow our twitter :
@hogpictures
Terima kasih sudah membaca, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Pembuatan Animasi 2D. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tutorial tentang Sudut Pengambilan Gambar pada Pembuatan Film Animasi 2D untuk Pemula