Mudahnya Membuat Efek Film Lama atau Jadul di Adobe Premiere

Untuk filmmaker modern yang ingin mengetahui cara membuat efek film lama atau jadul di Adobe Premiere Pro yang dimaksudkan untuk pembuatan ...

Untuk filmmaker modern yang ingin mengetahui cara membuat efek film lama atau jadul di Adobe Premiere Pro yang dimaksudkan untuk pembuatan film-film bertema nostalgia atau jadul, didalam artikel ini terdapat penjelasan singkat dengan langkah-langkah yang dalam penerapan efek film lama dengan video overlay.




Utamanya, disini kita hanya ditugaskan untuk mempersiapkan video overlay dan mengimpornya kedalam Adobe Premiere. Mari simak lebih lanjut untuk penjelasannya.



Cara Membuat Efek Film Lama atau Jadul di Adobe Premiere Pro

1. Setelah membuka Adobe Premiere Pro, impor media yang akan kita edit beserta video overlay nya.


2. Masukkan kedalam timeline, tekan klik kiri pada file yang sudah diimpor lalu geser kearah timeline atau sequence. Lakukan hal yang sama untuk keduanya.


Artikel terkait: Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Media Encoder



3. Pastikan video overlay disimpan diatas media yang akan diedit, Video 1 isi dengan media, Video 2 isi dengan overlay. Usahakan overlay tetap ada di posisi paling atas bilamana menambahkan media lain.


4. Klik video overlay, lalu klik pada Effect Controls, bisa juga mengaktifkannya dengan klik pada menu bar Window >> Effects Controls. Pada opsi Motion, klik tanda panah untuk collapse.

Terdapat opacity didalam Motion, Nonaktifkan Toggle Animation (Keyframe / stopwatch) lalu pilih Blend Mode menjadi Overlay. Disinilah alasan kenapa dari tadi kita menyebut media tekstur old film sebagai overlay.



Ketahui lebih lanjut tentang:
Blending Mode pada Adobe Premiere


5. Secara sederhana, kita sebenarnya sudah menambahkan efek film lama atau jadul pada video. Selebihnya kita bisa mengatur pencahayaan, warna, dan pengaturan pada video (media). Dengan menambahkan RGB Curves atau Color Balance (HLS).



Tips Membuat Efek Film Lama atau Jadul di Adobe Premiere

Disarankan agar menambahkan video-video yang terkesan jadul juga, dengan properti film yang mendukung dan memiliki kesan video lama. Atau bisa juga tambahkan efek BW (Black and White) pada video dengan menurunkan Saturation pada Color Balance (HLS).

Rekomendasi: 8 Trik Cara Edit Video dengan Mudah dan Cepat di Adobe Premiere Pro


Untuk selebihnya, masih banyak cara-cara lain yang lebih menghasilkan video yang bagus. Tetapi cara ini adalah cara termudah untuk dilakukan dan sangat cocok untuk pertama kali dipraktekan sebagai latihan.




Kalian juga bisa menambahkan video overlay lainnya dengan kata kunci 'old film paper', 'glitch', atau 'old film lines'. Dan untuk hasil yang lebih detail, bisa gunakan Adobe After Effects karena tersedia efek-efek yang mendukung untuk pembuatan tema film jadul seperti itu.

Artikel disarankan: Apa itu Keyframe pada Adobe Premiere Pro?


Demikianlah tutorial tentang Cara Membuat Efek Film Lama atau Jadul di Adobe Premiere, beritahu teman kalian dengan share artikel ini atau tanyakan bilamana ada pertanyaan di kolom komentar di bawah.

COMMENTS

BLOGGER
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Mudahnya Membuat Efek Film Lama atau Jadul di Adobe Premiere
Mudahnya Membuat Efek Film Lama atau Jadul di Adobe Premiere
https://3.bp.blogspot.com/-OA_orUFtRMw/WwqGdCfTyXI/AAAAAAAAD-E/triKPvOyWBQU6vzH7bltME99VH1W1izNgCLcBGAs/s1600/cara-membuat-efek-film-lama-atau-jadul-adobe-premiere%2B%25281%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-OA_orUFtRMw/WwqGdCfTyXI/AAAAAAAAD-E/triKPvOyWBQU6vzH7bltME99VH1W1izNgCLcBGAs/s72-c/cara-membuat-efek-film-lama-atau-jadul-adobe-premiere%2B%25281%2529.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2018/05/cara-membuat-efek-film-jadul-premiere.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2018/05/cara-membuat-efek-film-jadul-premiere.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy