Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom (Lr atau LR) adalah prosesor foto dan penyusun gambar yang dikembangkan oleh Adobe Systems untuk Windows dan OS ...

Adobe Photoshop Lightroom (Lr atau LR) adalah prosesor foto dan penyusun gambar yang dikembangkan oleh Adobe Systems untuk Windows dan OS X, disini Hog Pictures akan menjelaskan lebih banyak tentang Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom. Software ini berguna untuk melihat, mengatur dan melakukan retouching sejumlah besar gambar digital. Suntingan Lightroom itu non-destruktif. Meskipun berbagi nama dengan Adobe Photoshop, tidak dapat melakukan banyak fungsi Photoshop seperti menambah, menghapus atau mengubah tampilan item setiap gambar individu, render teks atau objek 3D gambar, ataupun memodifikasi frame video.

Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom - Hog Pictures
Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom - Hog Pictures

Lightroom bukan file manager seperti Adobe Bridge. Tidak dapat beroperasi pada file kecuali diimpor ke database pertama, dalam format gambar hanya beberapa yang tersedia. Lightroom ditulis dalam bahasa pemrograman yaitu C++ dan Lua.

Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom

Lightroom difokuskan pada langkah-langkah alur kerja sebagai berikut:

Library

Mirip dalam konsep ke 'Organizer' di Adobe Photoshop Elements dan penyelenggara gambar lainnya, modul ini dapat melakukan impor dan ekspor gambar, menciptakan koleksi gambar, mengatur gambar dengan metadata, dan menambahkan peringkat gambar. Library adalah suatu gateway menuju Lightroom.


Develop

Mendukung pengeditan non-destruktif gambar secara massal. Modul ini lebih dikhususkan untuk retouching, yaitu, meningkatkan dan memperbaiki foto digital, termasuk mengubah keseimbangan warna, meningkatkan tone, menghilangkan efek red eye, sharpening, mengurangi noise, cropping, meluruskan atau mengkonversi ke hitam putih, dan masih banyak lagi. Perangkat ini tidak bisa membuat atau mengedit gambar non-fotografi (seperti gambar, simbol, seni garis atau diagram atau peta), atau membuat teks atau 3D objek. Hanya memiliki fitur penyuntingan foto yang sangat terbatas. Hanya format JPEG dan RAW yang didukung didalam Adobe Lightroom. Juga memiliki beberapa preset standar untuk koreksi warna atau efek, dan mendukung berbagi preset kustom online. Fitur lain yang sering digunakan dalam modul Mengembangkan adalah kemampuan untuk melakukan sinkronisasi suntingan dari satu foto yang dipilih ke seluruh pilihan.

Baca juga: Pengertian dan Sejarah Adobe Photoshop


Map

Ditambahkan di Lightroom 4, itu memfasilitasi geografis mengorganisir foto berdasarkan data geolocation yang tertanam atau ditambahkan secara manual.


Book

Ditambahkan di Lightroom 4, memungkinkan untuk menciptakan photobook.


Slideshow

Memungkinkan untuk menciptakan slideshow dari sejumlah foto, yang latar belakang musik nya dapat ditambahkan disini.


Print

Mencetak gambar. Percetakan parameter seperti tata letak dan orientasi dapat disesuaikan.


Web

Membuat galeri web untuk pemilik situs web. Beberapa template pengaruh tata letak yang tersedia.
Ditambatkan Tangkap Dukungan untuk banyak populer Nikon dan Canon DSLR.

Baca juga: Dasar-Dasar Adobe Photoshop untuk Pemula


Sejarah Adobe Photoshop Lightroom

Pada tahun 1999, pengembang Photoshop veteran Mark Hamburg memulai proyek baru, dengan nama kode Shadowland. Hamburg dihubungi Andrei Herasimchuk, mantan desainer antarmuka untuk Adobe Creative Suite, untuk mendapatkan proyek dari tanah. Proyek baru adalah keberangkatan yang disengaja dari banyak konvensi didirikan Adobe. 40% dari Photoshop Lightroom ditulis menggunakan bahasa scripting Lua. Setelah beberapa tahun penelitian oleh Hamburg, Herasimchuk, Sandy Alves, mantan desainer antarmuka di tim Photoshop, dan Grace Kim, seorang peneliti produk di Adobe, proyek Shadowland mendapat momentum sekitar tahun 2004. Namun, Herasimchuk memilih untuk meninggalkan Adobe Systems di waktu itu untuk memulai sebuah perusahaan desain Silicon Valley. Hamburg kemudian memilih Phil Clevenger, mantan rekan Kai Krause, untuk menciptakan tampilan baru untuk aplikasi.

Photoshop Lightroom bakat rekayasa sebagian besar didasarkan di Minnesota, yang terdiri dari tim yang telah menciptakan program Adobe ImageReady. Troy Gaul, Melissa Gaul, dan kru mereka (dilaporkan dikenal sebagai "Minnesota Phats"), bersama dengan Hamburg, mengembangkan arsitektur balik aplikasi. George Jardine, seorang fotografer yang terampil dan sebelum Adobe penginjil, bulat tim awal, mengisi peran Product Manager.



Reference : Wikipedia


Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Lightroom. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom.

COMMENTS

BLOGGER
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom
Pengertian dan Sejarah Adobe Lightroom
https://2.bp.blogspot.com/-GT8GG6vOD1I/Vz7kCDKWJlI/AAAAAAAACtI/zyNXCORoxJg5RFudlyuiX6h66YBAKBltwCLcB/s400/pengertian-sejarah-adobe-photoshop-lightroom.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-GT8GG6vOD1I/Vz7kCDKWJlI/AAAAAAAACtI/zyNXCORoxJg5RFudlyuiX6h66YBAKBltwCLcB/s72-c/pengertian-sejarah-adobe-photoshop-lightroom.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2016/05/pengertian-definisi-sejarah-adobe-lightroom.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2016/05/pengertian-definisi-sejarah-adobe-lightroom.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy