Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder

Memahami pengaturan terbaik dalam Cara Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder sangatlah dibutuhkan, karena dalam...

Memahami pengaturan terbaik dalam Cara Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder sangatlah dibutuhkan, karena dalam versi CS3, menu dan pengaturannya tidak sama dengan versi terbaru (CS4, CS5, CS6, maupun CC) -- Pasti kalian sering mengalami kesulitan saat ingin mengekspor video di Adobe Premiere CS3, karena konten didalam jendela Export Video tidak sama dengan versi terbaru.

Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder - Hog Pictures Tutorial
Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder - Hog Pictures Tutorial

Didalam artikel tutorial kali ini kita akan membahasnya sampai tuntas, sehingga Anda bisa tahu apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil ekspor video sesuai keinginan.

Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder

Terdapat cara yang bisa Anda contoh dari mulai awal membuka Adobe Premiere CS3 hingga mencapai proses akhir atau export. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini dan pastikan Anda sudah mempersiapkan Adobe Premiere CS3 terbuka agar bisa langsung mempraktekannya.

1. Buat project baru (new project..) agar mendapatkan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan hasil akhir.

2. Pada menu Load Preset, disana akan tampil beberapa Available Presets atau preset yang disediakan oleh Adobe Premiere Pro CS3 dalam bentuk folder. Buka folder HDV lalu pilih antara:

  • HDV 720p25 untuk resolusi 720p (HD) dengan 25 frame per second
  • HDV 1080p25 untuk resolusi 1080p (Full HD) dengan 25 frame per second


Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder 1 - Hog Pictures Tutorial
Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder 1

Saya sarankan untuk cukup gunakan HDV 720p25 agar proses editing tetap ringan, terutama untuk pengguna PC yang memiliki spesifikasi standar.

Apakah bisa menaikkan fps menjadi 30?

Tentu saja bisa, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Dan Anda harus tahu bahwa pengaturan saat pembuatan project baru sangatlah penting, karena berkaitan dengan video hasil ekspor nanti.

Artikel terkait: 8 Trik Cara Edit Video dengan Cepat dan Mudah di Adobe Premiere Pro


3. Mulailah impor video yang diinginkan dan sunting sedemikian rupa sehingga mencapai proses akhir untuk mengekspor video nya ke berbagai format.

Berbicara mengenai format, Adobe Premiere Pro CS3 sangat memprioritaskan format video .AVI sehingga berpotensi membuat ukuran file menjadi besar.

Nah, disinilah letak kekurangannya. Mari kita temukan solusi nya!

4. Pilih menu bar File, lalu Export >> Adobe Media Encoder..

Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder 2 - Hog Pictures Tutorial
Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder 2

Tips: Jangan gunakan Export Movie.. Karena opsi pengaturan yang terdapat didalam Export Movie tidak lengkap, kita pun tidak dapat leluasa mengatur resolusi maupun data rate yang diinginkan.

Cukup gunakan Adobe Media Encoder.

5. Pada jendela Export Settings, ikuti pengaturan dibawah ini:

  • Perhatikan opsi Format, lalu pilih H.264
  • Range: Entire Sequence
  • Preset: HDTV 720p 23.976 High Quality (Nantinya fps akan diubah menjadi 25, disesuaikan dengan project yang tadi dibuat)
  • Centang Export video dan Export audio


Pada tab Video, atur video size menjadi:

  • Frame Width[pixels]: 1.280
  • Frame Height[pixels]: 720
  • Frame rate [fps]: 25
  • Field order: Upper
  • Pixel Aspect Ratio: Square Pixels
  • Profile: Main
  • Level: 3.2

Rekomendasi untuk Anda: Cara Export Video di Adobe Premiere Pro - Best Export Settings


Dan yang tidak kalah penting adalah Bitrate Settings:

  • Bitrate Encoding: VBR, 2 Pass
  • Target Bitrate [Mbps]: 6
  • Maximum Bitrate [Mbps]: 10


Setelah semuanya sudah teratur sesuai yang saya rekomendasikan, maka tidak ada lagi yang perlu diubah. Perhatikan pada Preset, Anda bisa melihat namanya berubah menjadi Custom. Kita bisa menyimpan pengaturan preset tersebut agar tidak harus mengaturnya di lain waktu. Pilih icon Save dan beri nama preset untuk menyimpan.

Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder 3 - Hog Pictures Tutorial
Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder 3

Jika sudah, klik OK dan tunggu proses ekspor sampai selesai.

Kita bisa lihat video yang dihasilkan dari Adobe Media Encoder, video terlihat lebih rapat, warna sesuai, dan resolusi yang tepat / berkualitas.

Berbeda jika kita menggunakan Export >> Movie.. pada Premiere Pro CS3, sedikit saja kita salah mengatur preset, maka kita akan mendapatkan hasil ekspor video berukuran besar, mencapai 1GB lebih dan resolusi pun tidak sesuai. Baca juga: Menggunakan Software HandBrake untuk Memperkecil Ukuran File Video

Kesimpulan Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder

Dengan itu, gunakanlah langkah-langkah Cara Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder beserta pengaturan sederhana agar dapat menghasilkan video ekspor yang berkualitas seperti yang sudah saya bahas diatas.

Artikel terkait: Belajar Color Grading Dasar dengan Adobe Premiere - Basic Tips

Selebihnya Adobe Premiere CS3 cocok untuk pengguna komputer yang memiliki spesifikasi standar, tidak harus tinggi ataupun mahal. Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dengan mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan.

Bilamana ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar atau selebihnya bisa kalian Share ke sosial media dan beritahu teman kalian bahwa Cara Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder sangat mudah juga praktis.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe PremiereAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder
Export Video di Adobe Premiere Pro CS3 dengan Adobe Media Encoder
https://2.bp.blogspot.com/-O-2gFs-aNW8/WfC4XF6705I/AAAAAAAADyM/dfmCJUJwIS07Eg6jDXlpYsm3-2_PM8zQgCLcBGAs/s640/cara-export-video-di-adobe-premiere-pro-media-encoder.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-O-2gFs-aNW8/WfC4XF6705I/AAAAAAAADyM/dfmCJUJwIS07Eg6jDXlpYsm3-2_PM8zQgCLcBGAs/s72-c/cara-export-video-di-adobe-premiere-pro-media-encoder.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/10/export-video-adobe-premiere-pro-cs3.html
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/
https://hog-pictures.blogspot.com/2017/10/export-video-adobe-premiere-pro-cs3.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy